Background Hero

Tanpa Kehilangan Nutrisi, Ini 4 Cara Masak Ikan yang Enak dan Gampang

Tanpa Kehilangan Nutrisi, Ini 4 Cara Masak Ikan yang Enak dan Gampang

Kehilangan nutrisi yang terkandung di dalam ikan saat memasak adalah hal yang harus dihindari. Pasalnya, ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi, namun rendah lemak jenuh. Belum lagi kandungan vitamin D, fosfor, kalsium, zat besi,  dan seleniumnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Sangat disayangkan, bukan, kalau harus menyantapnya tanpa bisa mendapatkan nutrisinya? Maka dari itu, agar nutrisi pada ikan tetap bisa didapatkan, ada 5 cara masak ikan yang enak dan mudah untuk dicoba. Yuk, disimak!

1. Dipanggang

Salah satu cara masak ikan yang enak dan mudah adalah dengan memanggangnya. Dilansir dari laman Verywellfit, memanggang ikan merupakan metode yang paling bagus, sebab ikan bisa cepat matang tanpa  membuatnya menjadi kering. Pastikan alas panggangannya tidak lengket, atau bisa juga diolesi minyak. Cara seperti ini paling cocok digunakan untuk memanggang ikan yang sudah difilet tebal seperti steak.

2.  Poaching

Memasak ikan dengan teknik poaching, yaitu merebus ikan dengan suhu rendah, sedikit air, sehingga menghasilkan saus, adalah cara yang menarik dan layak dicoba. Ikan bisa direbus menggunakan air biasa atau air kaldu. Mengolah ikan dengan cara ini tidak menambah lemak atau kalori. Selain itu, memasak ikan dengan teknik ini hanya butuh waktu sekitar 10 menit dan ikan yang enak nan empuk bisa segera disajikan.

3. Dijadikan sup

Memasak ikan dengan menjadikannya sup adalah pilihan yang tepat dan menyegarkan. Gunakan kaldu bening dan tambahkan irisan tomat jika ingin menyantap sup ikan rendah kalori.

4. Pan frying

Pan frying adalah cara yang bagus untuk menggoreng ikan. Tapi, tidak akan menghilangkan nutrisi pada ikan. Pan frying adalah teknik menggoreng ikan dengan sedikit sekali minyak. Berbeda dengan deepfrying, yaitu cara memasak ikan dengan minyak banyak, yang justru bisa merusak nutrisi pada ikan. Namun, jika kita ingin menyantap ikan yang rasanya seperti digoreng tapi rendah kalori dan aman, memasak ikan dengan cara pan frying adalah pilihan yang tepat.

Mengolah ikan dengan cara yang benar adalah keharusan. Tak ada salahnya mencoba memasak ikan dengan cara yang berbeda dari biasanya tapi benar. Sebab, yang terpenting adalah nutrisinya terjaga dan rasanya enak!


Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore