Background Hero

Tips Memilih Udang yang Masih Bagus

Satu hal yang sangat krusial sebelum memasak atau mengolah udang ialah memilih udang yang baik dan segar. Udang yang tidak segar memiliki ciri dan perbedaan yang sangat mencolok dengan yang masih segar.

Udang yang segar bisa yang berasal dari tangkapan nelayan yang benar-benar baru dibawa dari laut/atau baru dipanen dari tambak. Udang segar juga bisa yang berasal dari cold storage atau disimpan dalam suhu yang sangat dingin sehingga tidak merusak organ dalam serta gizinya.

Lalu apa saja ciri udang yang baik dan segar?

1) Kulit keras
Udang yang baik dan segar memiliki kulit yang keras. Jadi, saat membeli udang, usahakan kamu memegang dan mengecek kulitnya. Jadi, jangan pernah pilih udang yang kulitnya lembek.

2) Daging kenyal
Udang yang baik dan segar memiliki tekstur kulit yang kenyal. Setelah memeriksa kulit, pastikan kamu mengecek kondisi daging. Jika kulitnya keras, bisa jadi udang tersebut sudah tidak lagi segar dan tidak baik untuk kamu pilih.

3) Kepala belum terpisah dari badan
Ini ciri yang paling tampak, jangan pernah memilh udang yang tanpa kepala atau kepala mau terlepas dari tubuhnya. Udang yang utuh, juga menandakan bahwa udang tersebut masih segar.

Nah, setelah tau cara memilih udang, apa menu olahan udang favoritmu?
 


Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore