Background Hero

Cara Mengolah Ikan yang Benar Agar Zat Gizinya Tidak Rusak

Cara Mengolah Ikan yang Benar Agar Zat Gizinya Tidak Rusak

 

Akan sangat merugikan kalau kita sampai salah mengolah ikan, sebab hal itu bisa merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tahu sendiri, kan, ikan mengandung banyak protein, asam lemak omega-3, dan omega-6, yang sangat berperan dalam pengembangan otak anak.

Sementara manfaatnya untuk orang dewasa, nutrisi tersebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi otak, menguatkan tulang dan gigi, serta menurunkan risiko penyakit kanker. Banyak sekali manfaatnya, bukan?

Omega-3 dan omega-6 itu sensitif terhadap panas

Mengolah ikan memang tak boleh sembarangan, kita perlu tahu bagaimana cara mengolah ikan yang benar agar nutrisinya tetap terjaga. Menurut dr. Anissa Florence, CIMI, seorang konselor menyusui yang juga aktif membuat konten tentang mpasi dalam akun instagramnya, mengatakan bahwa asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terkandung dalam ikan sangat sensitif terhadap suhu panas.

Suhu panas bisa menurunkan kandungan DHA dan EPA pada ikan

Oleh sebab itu, mengolah ikan dengan suhu panas seperti menggoreng, bisa merusak omega-3 dan omega-6, bahkan bisa menghilangkan nutrisi tersebut. Dijelaskan pula oleh dr. Anissa, bahwa menggoreng ikan bisa menghilangkan 50% kandungan DHA dan EPA di dalamnya. Sementara, jika memindang ikan bisa menurunkan   30% DHA dan EPA, sedangkan jika mengasap ikan akan menghapuskan 15% sampai 25% nutrisi tersebut.

Mengukus atau tim adalah cara terbaik

Sebenarnya, cara terbaik mengolah ikan agar zat gizinya tidak berkurang adalah dengan mengukusnya atau ditim. Cara ini dianggap mampu mempertahankan kandungan omega-3 dan omega-6 yang terkandung dalam ikan. Akan tetapi, masih banyak orang yang lebih senang akan cita rasa ikan yang digoreng, terlebih dibakar.

Olah ikan dengan berbagai cara selain digoreng

Jika kita bosan atau kurang suka dengan tekstur ikan yang dikukus atau ditim, sebab terlalu lembut, sesekali kita juga bisa memasaknya dengan cara mencampurkan ikan dengan bahan lainnya untuk diolah menjadi camilan. Misalnya saja, dengan memasaknya menjadi otak-otak, bakso ikan rebus, dan sebagainya.

Itulah fakta menarik tentang cara mengolah ikan yang benar agar zat gizinya tidak rusak. Jadi, mau membuat olahan ikan apa hari ini? Jangan lupakan sambalnya, ya!

 


Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore