Background Hero

Agar Tidak Alot dan Amis, Ini Cara Membersihkan Gurita

Agar Tidak Alot dan Amis, Ini Cara Membersihkan Gurita

 

Tekstur daging gurita yang kenyal dan padat, mirip dengan tekstur daging cumi-cumi dan sotong membuat kelompok daging cephalopoda ini harus dilunakkan dulu sebelum dimasak. Melansir situs Fishfiles, cara untuk melunakkan daging gurita adalah dengan memukul-mukul daging secara lembut menggunakan palu daging berbentuk pipih. Selain itu, bisa juga dengan dimarinasi menggunakan susu.

Sebaiknya, tidak memasak gurita dalam waktu lama. Sebab, cara itu bisa membuat daging gurita menjadi keras. Agar daging gurita tidak keras saat dimakan, kita perlu memasaknya dengan cara menumis, yaitu metode memasak cepat dengan suhu panas tinggi. Atau bisa juga dengan merebus daging gurita menggunakan api kecil, namun butuh waktu lama untuk merebusnya, sesuai dengan ukurannya.

Lalu, bagaimana cara membersihkan daging gurita agar tidak amis?

1. Cairkan gurita yang beku

Seringkali gurita dijual dalam keadaan beku supaya tetap segar. Kita perlu mencairkan daging gurita terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Letakkan gurita beku dalam wadah tertutup. Lalu, masukkan ke dalam baskom yang telah diisi air suhu ruang, untuk mempercepat proses pencairan. Atau bisa juga dengan meletakkan wadah berisi gurita di kulkas bagian bawah jika ingin mengolah keesokan harinya.

2.  Cuci di bawah air mengalir

Cuci bersih gurita di bawah air mengalir. Pastikan gurita sudah benar-benar bersih dan tidak licin saat digenggam.

3.  Pisahkan kepala dan tentakel

Jika ingin mengolah gurita agar bentuknya tetap utuh, kita bisa gunakan pisau kecil yang tajam untuk menyobek membran yang berada tepat di dalam pangkal kepala gurita. Kemudian, putar kepala bagian dalam ke luar. Buang mata dan giginya. Lalu, cabut isi perut dan paruhnya sambil membersihkan bagian kepalanya hingga benar-benar bersih. Putar kembali kepala keluar. Setelah itu, gunakan jari untuk menghilangkan kulit kepalanya. Kemudian, cuci bersih kembali gurita supaya tidak ada lagi kotoran yang menempel.

4. Kucuri daging gurita dengan air perasan jeruk nipis

Agar daging gurita tidak amis saat dimakan, kucuri daging yang sudah dibersihkan tersebut dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan kurang lebih 20 menit sebelum diolah. Setelah itu, jika hendak diolah, bilas sebentar daging gurita yang sudah dimarinasi dengan air perasan jeruk nipis tadi.

Membersihkan daging gurita memang butuh kesabaran dan keberanian. Akan tetapi ketika sudah diolah menjadi makanan kesukaan, rasanya jadi pengin makan lagi dan lagi!


Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore