Background Hero

*2 Cara Menghindari Ikan Rekondisi*

Beberapa waktu lalu, sempat ramai pemberitaan investigasi tentang ikan rekondisi. Iya, ikan yang sudah tidak segar dijual lagi seolah-olah segar oleh para penjual nakal.

 

Sebetulnya, ini pemberitaan lama yang dishare kembali. Tapi kamu tak perlu kuatir, ada kok cara mudah mengenali ikan yang betul-betul masih segar dengan yang rekondisi.

 

Kamu cuma butuh 2 langkah dan tentu bisa dipraktekkan secara langsung saat kamu membeli ikan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

 

1. Bau

Ikan yang masih segar baunya tak mengganggu indra penciuman alias "kaya bau-bau laut gitu". Nah, aroma ini tak akan kamu dapatkan di ikan rekondisi. Biasanya, ikan rekondisi juga cenderung berbau menyengat atau paling tidak berbau amis.

 

2. Mata

Sama halnya melihat si dia, dari mata turun ke hati. Nah, kamu juga harus menatap matanya saat memilih ikan. Kenapa? Karena mata ikan yang segar biasanya cerah. Dan kalau masih kurang yakin, coba pegang matanya, ikan yang masih segar akan terasa kenyal dan menonjol.

 

Berbeda dengan ikan rekondisi yang cenderung cekung. Selain itu, ikan rekondisi biasanya matanya berwarna kemerahan dan mengkerut.

 

Gimana, mudah bukan menghindari ikan rekondisi?


Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore