Background Hero

Tak Perlu Bingung, Ini Beda Kepiting dengan Rajungan

Tak Perlu Bingung, Ini Beda Kepiting dengan Rajungan

 

Masih bingung ngebedain rajungan dengan kepiting? Atau jangan-jangan kamu menganggap kalau rajungan dan kepiting adalah hewan yang sama?

Bentar-bentar, biar gampang bedainnya, kali ini Una akan memandu bunda semuanya. Meski dua-duanya tergolong seafood yang begitu lezat dan "mevvah" untuk dikonsumsi, yang perlu kamu ingat adalah bahwa dua hewan ini berbeda satu sama lain.

Apa aja bedanya?

1. Nama ilmiah:

Kepiting memiliki nama ilmiah "Brachyura", sementara rajungan bernama ilmiah "Portunidae". Beda banget kan, dari namanya?

2. Tubuh

Kamu bisa mengenali perbedaan kepiting dengan rajungan dari tubuhnya. Kalau kepiting cenderung lebih bulat dan tebal, rajungan bertubuh cenderung ramping. Gimana, satu bulat satunya ramping, beda kan?

3. Capit

Ciri lain yang bisa kamu pakai untuk mengenali perbedaan kepiting dengan rajungan adalah kepiting tidak terlalu panjang dan berukuran besar. Ciri ini sangat berbeda dengan rajungan yang memiliki capit lebih panjang dan ramping

4. Warna

Setelah tubuh dan capit, ciri mencolok untuk membedakan kepiting dengan rajungan adalah; kepiting jantan dan betina berwarna hijau kecokelatan. Sementara rajungan terutama betina cenderung kehijauan dengan bercak putih di sekujur tubuh. Kemudian rajungan jantan berwarna kebiru-biruan dengan bercak putih yang lebih terang.

Gimana, masih bingung membedakan ketiping dan rajungan?


Event Lainnya

Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari III, Lt. 13
Jl. Medan Merdeka Timur no. 16, Jakarta Pusat

Telpon021-3521977

Emailgemarikankkp@gmail.com

Instagram
Facebook
TikTok
Youtube
2023 KKP Thrive
Berakhlak
#PasarLautIndonesia

copyright © 2023 all rights reserved

Download Sekarang

AppStore
PlayStore
AppStore